6 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

6 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

https://hellosehat.com/

S1 Gizi Alma Ata – Saat ini seluruh umat Muslim sedang menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Disaat-saat seperti ini, banyak orang yang mengandalkan puasa sebagai solusi menurunkan berat badan. Simak tips menurunkan berat badan saat puasa.

  1. Tetap sahur

Sebagian orang beranggapan bahwa puasa tanpa sahur sangat efektif menurunkan berat badan. Nyatanya, hal tersebut tidak disarankan. Makan makanan yang sehat untuk mencukupi kebutuhan puasa dalam waktu seharian. Dengan melewatkan waktu sahur justru akan membuat kamu ingin makan lebih banyak pada saat berbuka puasa. Hal tersebut karena perut dalam keadaan kosong, sehingga tak heran jika asupan makanan tidak terkendali

  1. Memilih makanan bergizi seimbang

Mencukupi asupan bergizi pada saat sahur dan berbuka merupakan cara menurunkan berat badan saat puasa. Pada saat sahur usahakan untuk minum banyak cairan atau memilih makanan yang mengandung cairan agar tubuh terhidrasi dengan baik. Pilihlah makanan dan minuman berikut yang membantu merasa kenyang dan melancarkan pencernaan seperti roti gandum, beras merah, oatmeal, susu, yogurt, telur, kacang-kacangan, sayur, dan buah-buahan.

Pada saat berbuka puasa, kamu juga berhati-hati dalam memilih asupan makanan. Berbuka dengan yang manis memang hal wajib dikalangan pada saat berpuasa. Namun, makan makanan manis yang berlebihan dapat menggagalkan diet mu lho. Tipsnya, minum lebih banyak cairan dan makanan rendah lemak yang mengandung gula alami, seperti :

Minuman, seperti air, susu, jus buah

Kurma, karena menyediakan gula alami untuk energy dan serat untuk membantu menurunkan berat badan, buah-buahan

  1. Menghindari makanan dengan gula tambahan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, makan makanan yang mengandung gula tambahan tidak akan berpengaruh untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Terlalu banyak makanan dan minuman manis justru akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh. Hal ini dikarenakan produksi insulin tubuh akan menurun ketika berpuasa. Sedangkan, insulin berfungsi mengubah gula menjadi energi. Jika gula tidak diolah menjadi energi, tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak.

  1. Tetap berolahraga

Ketika sedang berpuasa, dengan tidak makan dan minum seharian penuh bukan berarti proses penurunan berat badanmu akan berhasil. Melakukan olahraga justru menjadi cara yang efektif. Hanya saja, mungkin perlu menurunkan tingkat intensitas olahraga. Pasalnya, tubuh secara alami menjadi kurang aktif karena energi yang didapat dari makanan berkurang saat puasa. Kamu bisa mencoba yoga untuk membantu mengelola stres dan membakar kalori.

Sementara itu, tubuh akan mencari sumber energi lain, yaitu cadangan lemak yang dibakar lebih banyak ketika berolahraga selama berpuasa

  1. Menghindari gorengan

Setelah seharian berpuasa menahan lapar, kmau pasti tergoda ketika disajikan makanan berlemak seperti gorengan. Gorengan mengandung lemak jenuh yang bisa menambah berat badan.  Kurangi porsi makan gorengan karena lemak jenuh yang dikandungnya dapat meningkatkan kadar kolesterol. Sebaiknya diselingi dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti alpukat dan kacang-kacangan

  1. Tidur yang cukup

Tidur bisa menjadi cara menurunkan berat badan saat puasa yang efektif. Hal ini dikarenakan kurang tidur akan mengacaukan sistem metabolism. Alhasil, tubuh tidak membakar cadangan lemak secara efektif. Sementara itu, kurang tidur dapat meningkatkan hormon ghrelin yang bisa menambah nafsu makan. Hanya saja, mendapat kualitas tidur yang baik menjadi tantangan saat berpuasa.

Berkut tips-tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapat berat badan yang ideal. Semoga kita semua selalu dilancarkan dalam puasa dan segala aktivitas lainnya.

Sumber : https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/cara-menurunkan-berat-badan-saat-puasa/

md5 decrypt - md5