Webinar Series Universitas Alma Ata 2020

Webinar Series Universitas Alma Ata 2020

Negara Indonesia sedang berperang melawan pandemik COVID-19, segala upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menekan angka pandemic tersebut. Situasi ini merupakan tantangan bagi setiap kalangan, terutama tenaga kesehatan, melihat hal ini Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata Yogyakarta berinisiatif mengadakan COVID-19 Webinar Series untuk yang pertama kalinya di Universitas Alma Ata Yogyakarta untuk berbagi ilmu pada kondisi pandemik Covid-19 ini.

Tepat pada tanggal 2 Mei 2020 Webinar Series diselenggarakan, yang terbagi menjadi 2 sesi dan diikuti oleh 600 peserta dari berbagai Negara. Webinar Series yang diselenggarakan oleh FIKES UAA berlangsung selama 5 jam ini dipandu oleh salah satu dosen Universitas Alma Ata Yogyakarta yaitu bapak Cahya Kusuma, S.Pd.,M.A Selaku MC dan  pembicara yang berasal dari Indonesia, New York, Thailand, dan Sydney.

Sesi pertama, Covid-19 Webinar Series ini membahas mengenai Covid-19 yang berada di Indonesia, New York dan Thailand dengan narasumber yaitu Rektor Universitas Alma Ata Yogyakarta yaitu Prof. dr. Hamam Hadi, MS, Sc.D yang membahas mengenai “Covid-19 di Indonesia : Tantangan Kesehatan Masyarakat”, dan narasumber kedua dalam adalah praktisi kesehatan masyarakat, Kantor Manajemen Emergency New York City, Amerika Serikat yaitu Chairmaine Browne yang membahas mengenai “Covid-19 di kota New York : Pusat Virus di Amerika Serikat”, serta narasumber ketiga adalah Wakil Direktur Penelitian dan Layanan Akademik, Boromarajonani College of Nursing Nopparat Vajira, dan Proboromaracjhanok Institute, Kementerian Kesehatan Masyarakat, Thailand, yaitu Dr. Kanokwan Wetasin yang membahas mengenai “Covid-19 di Thailand: Respon Kesehatan Masyarakat”. Webinar Series sesi 1 ini di pimpin oleh seorang moderator yaitu Dr. Arif Sabta Aji yang merupakan salah satu dosen program studi S1 Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Sementara Webinar Series sesi kedua diselenggarakan pada pukul 11.00 WIB membahas mengenai Isu terkini dalam konteks Covid-19, dengan narasumber pertama yaitu Dr. Susheewa Wichaikull selaku Wakil Direktur Urusan Kemahasiswaan, Boromarajonani College of Nursing Nopparat Vajira, dan Proboromaracjhanok Institute, Kementerian Kesehatan Masyarakat, Thailand, Kementerian Kesehatan Masyarakat, Thailand yang membahas mengenai “Tele-Education dan Tren Aplikasi dalam Pendidikan Kesehatan Selama Covid-19”. Kemudian narasumber kedua adalah Kandidat Ph.D University of New South Wales, dan juga dosen Kenvale College Sydney, Australia yaitu Karen Kay Mejos yang membahas mengenai “Manfaat Urban Gardening selama Masa Karantina Covid-19”, serta narasumber terakhir dalam Webinar Series ini adalah Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata Yogyakarta yaitu Esti Nurwanti, RD, MPH, Ph.D yang membahas mengenai “Rekomendasi Gizi selama Masa Karantina Covid-19”. Webinar Series Part 2 ini di pimpin oleh seorang moderator yaitu Shinta Dewi Purnamasari yang merupakan alumni dari Universitas Alma Ata Yogyakarta.

  1. Jaka Sarwadhamana, S,Kep., Ns., MPH selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa Webinar Series diselenggarakan melalui platform Microsoft Teams sebagai media penghubung, serta dapat mengakses melalui live YouTube Alma Ata, hal ini tentunya memudahkan peserta dalam mengakses Webinar Series yang terbuka untuk umum dan GRATIS. Selain itu, peserta juga memperoleh sertifikat Webinar Series dan ilmu dari narasumber yang berasal dari 4 negara. Sertifikat peserta dapat di akses melalui:

https://drive.google.com/open?id=1sc4snXQHSbi80_aHpENKrecinpeQl-dW

Oleh : R. Jaka Sarwadhamana, S,Kep., Ns., MPH

Defri Fitria Nengsih

Jaka.sarwadhamana@almaata.ac.id

md5 decrypt - md5