Prodi S1 Kebidanan Alma Ata – Fobia sosial atau gangguan kecemasan sosial (SAD) adalah penyakit yang melemahkan yang ditandai dengan rasa takut yang nyata dan terus-menerus akan dipermalukan atau diperhatikan oleh orang lain (World Health Organization 1992; American Psychiatric Association 2013). Fobia sosial adalah masalah kesehatan mental yang serius dan melumpuhkan, dimulai sebelum atau selama masa remaja, dengan perjalanan penyakitย kronis, berhubungan dengan gangguan signifikan dalam fungsi sosial dan pekerjaan sertaย kualitas hidup yang buruk. Gangguan kecemasan sosial dikaitkan dengan konsekuensi negatif yang besar dan tingkat gangguan yang tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan gangguan penyakit mental lainnya.
Sebuah penelitian baru-baru ini terhadap anak-anak berusia 16-29 tahun dari negara-negara dengan budaya dan ekonomi yang berbeda menemukan bahwa satu dari tiga negara memenuhi kriteria gangguan kecemasan social. Gangguan ini berdampak pada beberapa aspek kehidupan bagi remaja yaitu; prestasi akademik terbatas, menempatkan individu pada risiko meninggalkan sekolah lebih awal dan memiliki kualifikasi profesional yang lebih rendah. Di lingkungan akademis, gejala fobia sosial muncul pada jumlah siswa yang banyak atau gejala yang ada bertambah. Pada tahap ini, siswa berusaha untuk diterima oleh orang lain sebagai orang yang mampu mengatur diri sendiri dan ekspresif, tampil atau melakukan presentasi di depan penonton adalah situasi yang paling mengintimidasi dan juga terbukti berhubungan dengan peningkatan kecacatan dan penurunan kualitas hidup.
Penelitian sebelumnya menjelaskan bahwa siswa dengan fobia sosial mendapat skor lebih rendah di semua bidang kualitas hidup, termasuk kesehatan fisik dan psikologis, hubungan sosial, dan lingkungan, dibandingkan dengan siswa tanpa fobia social. Demikian pula, dalam penelitian ini, siswa dengan SAD lebih cenderung merasa tidak puas dengan kesehatan mereka, mengalami depresi dan tekanan psikologis, menilai kualitas hidup mereka buruk, dan merasa tidak puas dengan berbagai aspek kehidupan. Hal ini berdampak pada terganggunya kondisi kesehatan, terutama kesehatan mental, dan memaparkan siswa pada disfungsi yang lebih kompleks di berbagai bidang fungsi, yang menyebabkan putus sekolah dan menjadikan mereka cacat atau ketergantungan. SAD mungkin umum terjadi pada remaja, mungkin karena perubahan yang terjadi di otak yang membuat mereka lebih sadar secara sosial pada saat kelompok teman sebaya menjadi semakin penting. Berikut beberapa faktor umum yang dapat menyebabkan SAD pada remaja:
- Faktor genetic
Kemungkinan penyebab SAD adalah faktor genetik, karena individu dengan riwayat keluarga dengan gangguan kecemasan lebih mungkin mengembangkan SAD. Begitu pula dengan kedekatan genetik anggota keluarga yang mengidap gangguan kecemasan (misalnya orang tua atau saudara kandung), semakin besar kemungkinan seorang remaja terkena SAD.
- Perubahan perkembangan dan social
SAD mungkin umum terjadi pada remaja karena adanya perubahan perkembangan dan tekanan sosial yang terjadi pada masa remaja. Ketika remaja berusaha untuk lebih mandiri dan menerima diri dari teman sebayanya, mereka mungkin mengalami kecemasan dan keraguan diri dalam situasi sosial. Selain itu, perubahan hormonal selama masa pubertas dapat memperburuk gejala kecemasan.
- Ciri-ciri kepribadian
Seorang anak dengan temperamen alami yang pendiam, pendiam atau tidak mau mencoba hal-hal baru, mungkin berisiko lebih tinggi terkena SAD saat mereka memasuki masa remaja.
- Parenting style
Orang tua yang terlalu protektif mungkin menghalangi anak mereka untuk mengalami interaksi sosial yang sehat atau mengambil risiko baru. Oleh karena itu, anak mungkin kekurangan kesempatan untuk mempelajari keterampilan yang diperlukan untuk mengatasi situasi sosial tertentu.
- Bullying
Pengalaman negatif seperti penindasan, pengucilan sosial, atau peristiwa traumatis juga dapat berkontribusi terhadap perkembangan gangguan kecemasan sosial pada beberapa remaja.
- Masalah bicara
Jika seorang remaja mengalami hambatan bicara, hal ini dapat menjadi tantangan karena berbagai alasan dan dapat berdampak negatif terhadap kepercayaan diri mereka dalam berbicara kepada orang lain.
Berikut adalah gejala-gejala yang dicurigai seorang remaja mengalami social phobia:
- Kesulitan berbicara dengan orang lain.
- Kecemasan berada bersama orang lain, terutama orang asing.
- Merasa malu saat berinteraksi dengan orang lain.
- Mengkritik diri sendiri setelah interaksi sosial.
- Memiliki sedikit teman dan kesulitan menjalin atau mempertahankan persahabatan.
- Mengungkapkan sedikit tentang diri mereka ketika berbicara dengan orang lain.
- Takut meminta orang lain untuk bertemu.
- Berbicara dengan lembut, bergumam, atau tergagap atas kata-katanya.
- Tidak ingin pergi ke acara sosial seperti pertemuan/perkumpulan.
- Khawatir selama berhari-hari atau berminggu-minggu sebelum ke acara publik.
Bagaimana cara mengatasi SAD
- Embrace discomfort
- Berhenti untuk selalu menghindar (menghadapi situasi yang membuat mereka cemas)
- Membalikkan siklus kecemasan
- Tetapkan tujuan yang realistis
- Relaksasi
- Terapi
Reference:
- Bank, S., Burgess, M., Sng, A., Summers, M., Campbell, B., & McEvoy, P. (2020). Stepping Out of Social Anxiety. Perth, Western Australia: Centre for Clinical Interventions.
- Caplan, S. E. (2007). Online social interaction, psychosocial wellโbeing, and problematic Internet use.ย Internet addiction: A handbook and guide to evaluation and treatment, 35-53.
- Halldorsson, B., Waite, P., Harvey, K., Pearcey, S., & Creswell, C. (2023). In the moment social experiences and perceptions of children with social anxiety disorder: A qualitative study.ย British Journal of Clinical Psychology,ย 62(1), 53-69.
- Jefferies, P., & Ungar, M. (2020). Social anxiety in young people: A prevalence study in seven countries.ย PloS one,ย 15(9), e0239133.
- Kessler, R. C., Berglund, P., Demler, O., Jin, R., Merikangas, K. R., & Walters, E. E. (2005). โ Lifetime prevalence and age-of-onset distributions of DSM-IV disorders in the National Comorbidity Survey replicationโ: Erratum.
- Lee-Won, R. J., Herzog, L., & Park, S. G. (2015). Hooked on Facebook: The role of social anxiety and need for social assurance in problematic use of Facebook.ย Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking,ย 18(10), 567-574.
- National Institute of Mental Health (2016). Anxiety Disorders. https://www.nimh.nih.gov/health/topics/anxiety-disorders/index.shtml
- Guy-Evans, O. 2023. How Social Anxiety Affects Teens: Signs & How To Help. https://www.simplypsychology.org/social-anxiety-in-teens.html
- Leigh, E., & Clark, D. M. (2018). Understanding social anxiety disorder in adolescents and improving treatment outcomes: Applying the cognitive model of Clark and Wells (1995).Clinical child and family psychology review,ย 21(3), 388-414.
- Hajure, M., & Abdu, Z. (2020). Social phobia and its impact on quality of life among regular undergraduate students of Mettu University, Mettu, Ethiopia.Adolescent health, medicine and therapeutics, 79-87.