Cara Mengetahui Masa Subur Bagi Wanita yang Memiliki Siklus Menstruasi Teratur

Cara Mengetahui Masa Subur Bagi Wanita yang Memiliki Siklus Menstruasi Teratur

Prodi Kebidanan Alma Ata – Kehamilan adalah hal yang paling ditunggu oleh pasangan yang baru saja menikah. Banyak pasangan yang berusaha agar bisa cepat mendapatkan kehamilan segera setelah pernikahan dilangsungkan. Salah satu hal yang dapat meningkatkan peluang pasangan untuk mendapatkan kehamilan tersebut adalah dengan memaksimalkan hubungan seksual pada masa subur.

Masa subur dapat diketahui dengan menghitung 5 hari sebelum dan 1 hari sesudah terjadinya ovulasi atau dikeluarkannya sel telur dari indungnya. Lima hari sebelum masa ovulasi dihitung dari masa hidup sel sperma di dalam Rahim yang masih dapat hidup hingga 3-5 hari. Artinya jika sperma masuk kedalam Rahim dan dapat bertahan sampai waktu hidup masimalnya (5 hari), kemudian terjadi ovulasi, maka pembuahan berpeluang besar terjadi. Sementara itu, 1 hari setelah masa ovulasi dihitung dari masa hidup sel telur, dimana sel telur dapat bertahan hidup di dalam rahim maksimal hingga 24 jam setelah dikeluarkan dari indungnya. Artinya jika hubungan seksual dilakukan 1 hari (24 jam) setelah ovulasi, maka pembuahan masih berpeluang untuk terjadi.

Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui waktu ovulasi? Cara yang paling mudah untuk mengetahui masa ovulasi adalah dengan menghitung 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Namun, perhitungan ini hanya bisa digunakan jika sikuls mentruasi kita teratur. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi hingga menstruasi berikutnya. Sebagai contoh, jika satu bulan yang lalu kita menstruasi di tanggal 5 Agustus 2021, lalu bulan ini kita mendapatkan menstruasi pada tanggal  3 september 2021, maka periode menstruasi kita adalah 29 hari. Apabila siklus menstruasi kita, atau jarak antar menstruasi kita tersebut tetap 29 hari setiap bulannya, maka bisa dikatakan siklus menstruasi kita tersebut teratur.

Selanjutnya, kita bisa memperkirakan masa ovulasi kita adalah 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Bila melihat contoh diatas, bisa kita perkirakan menstruasi kita akan terjadi pada tanggal 2 Oktober 2021, sehingga perkiraan waktu ovulasi kita adalah pada tanggal 18 September 2021. Lalu kapan masa suburnya? Masa subur dapat kita hitung 5 hari sebelum ovulasi (tanggal 13 september 2021), hingga 1 hari setelah menstruasi (tanggal 19 september 2021). Jadi waktu subur kita adalah dalam rentang antara tanggal 13 – 19 September 2021. Rentang waktu tersebut adalah waktu yang optimal untuk melakukan hubungan seksual agar terjadi pembuahan dan segera mendapatkan kehamilan.

Untuk mengetahui masa subur bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur akan kita bahas pada artikel berikutnya. Selain waktu terbaik untuk melakukan hubungan seksual agar berpeluang mendapatkan kehamilan, frekuensi melakukan hubungan seksual, nutrisi, dan hal-hal lain yang mendukung terjadinya kehamilan juga sangat penting untuk diperhatikan. Hal-hal tersebut akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Referensi:

Clubb E. Natural methods of family planning. J R Soc Health. 1986 Aug;106(4):121-6. doi: 10.1177/146642408610600402. PMID: 3091823.

https://www.yourfertility.org.au/everyone/timing

Penulis: Fatimatasari, M.Keb.Bd.

Open chat
md5 decrypt - md5