7 Manfaat dan Khasiat Dari Kulit Kayu Manis Ala Prodi Farmasi Alma Ata

7 Manfaat dan Khasiat Dari Kulit Kayu Manis Ala Prodi Farmasi Alma Ata

Prodi Farmasi Alma Ata – Pada zaman Mesir Kuno kayu manis merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai tanaman obat dan hampir dianggap obat mujarab. Pada saat itu para dokter  Abad Pertengahan sering menggunakan kayu ini untuk dijadikan obat sakit tenggorokan atau radang, batuk dan sakit sendi. Tidak hanya itu, kulit pohon ini juga digunakan sebagai bahan pembalseman.

Secara fisik, kulit kayu manis ini tidak jauh berbeda dari kulit dan batang tanaman lainnya. Hanya saja kulit dari kayu manis ini lebih tebal. kulit  dari batang pohon kayu manis dikorek dan dikupas kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari sehingga membentuk gulungan yang berwarna coklat kemerahan. Kulit dari batang kayu manis ini memiliki aroma yang khas, rasa yang sedikit manis, pedas dan kelat.

Di zaman modern seperti saat ini, penggunaan kulit kayu manis sebagai obat semakin lama semakin berkurang. Banyak orang beralih ke obat dokter karena dianggap lebih manjur dan mujarab. Akibatnya, kayu manis hanya digunakan oleh beberapa orang yang dijadikan sebagai bumbu penyedap masakan. Padahal jika diteliti kayu manis memiliki kelebihan dan efektivitas yang sangat besar bagi kesehatan tubuh.

Adapun beberapa manafaat dari kulit kayu manis untuk kesehatan tubuh yang Prodi Farmasi Alma Ata ketahui adalah sebagai berikut :

  1. Menurunkan kolesterol

Kayu manis memiliki kandungan yang terdiri dari kalsium, serat dan mineral seperti mangan. Oleh karenanya, kayu manis sangat cocok untuk melancarkan pencernaan, usus besar dan penyakit jantung serta kolesterol.

Serat dan kalsium dalam kayu manis juga mampu membantu  menghapus garam pada tubuh dan mencegah kanker usus besar. Tidak hanya itu, karena kayu manis memiliki kandungan serat maka dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati  sembelit

2. Mengontrol gula darah

Kayu manis mengandung antioksidan yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah . Selain itu, kayu manis dapat membantu melancarkan proses pencernaan setelah makan dan membantu meningkatkan respon insulin pada pasien yang menderita diabetes tipe 2. Hanya dengan satu gram kayu manis saja bisa menurunkan tingkat gula darah, trigliserida, kolesterol jahat, dan kolesterol total pada pasien penderita diabetes

3. Anti-infeksi

Keuntungan lainnya, kayu manis dapat mengatasi infeksi. Hal ini disebabkan adanya komponen alami anti infeksi yang terkandung didalamnya. Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi kulit kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H.pylori yang dapat menyebabkan sakit maag dan penyakit lain yang timbul akibat  bakteri.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Telah dilakukan penelitian oleh University of Texas menunjukkan bahwa manfaat dari kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu herbal yang dapat menyembuhkan kanker.

5. Meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin

Kulit kayu manis mengandung kromium polifenol yang terbukti dapat meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, hormon, karena senyawa ini memiliki efek yang sama dengan sinyal insulin dan kontrol glukosa.

Jika sensitivitas insulin dalam tubuh seseorang makin meningkat, maka makin kurang jumlah insulin yang dibutuhkan oleh tersebut.  Dengan peningkatan kepekaan terhadap hormon insulin, resiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe dua, dan kolesterol dapat diminimalkan.

– Prodi Farmasi Alma Ata Prodi Farmasi Terbaik –

6. Antimikroba

Tanaman kayu manis dikenal bisa menolak tumbuhnya jamur dan bakteri, salah satunya adalah jenis Candida. Candida adalah mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi yang biasa ditemukan didalam mulut, vagina dan usus, yang menyebabkan penyakit pada kulit dan selaput lendir.

Infeksi Candida di dalam tubuh dapat dikurangi dan bahkan bisa dihentikan hanya dengan sering mengkonsumsi kayu manis. Peran ini didukung oleh kandungan cinnamaldehyde dalam minyak kayu manis.

7. Mengatasi Alzheimer

Adapun manfaat lain  dari mengonsumsi  kayu manis  ialah mampu mengatasi penyakit Alzheimer. Sebab dalam kulit kayu manis terdapat kandungan antioksidan seperti polifenol yang tinggi. Tingginya kandungan antioksidan dalam kayu manis dapat melindungi tubuh terhadap radikal bebas, antioksidan juga diyakini berguna dalam penyakit Alzheimer.

Selain kaya antioksidan, zat-zat lainnya hadir dalam kayu manis juga dipercaya untuk menghambat akumulasi protein di otak, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit Alzheimer.

Diatas adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi kayu manis untuk kesehatan tubuh yang harus anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari ala Prodi Farmasi Alma Ata.

  1. https://doktersehat.com/10-manfaat-kayu-manis-bagi-kesehatan/
  2. https://www.sehatcenter.com/manfaat-kayu-manis-bagi-kesehatan-dan-untuk-diabetes/

Artikel kami lainnya : http://fikes.almaata.ac.id/tetap-aman-berkunjung-ke-fasilitas-kesehatan-di-era-pandemi-covid-19/

0 Comments

Leave a reply

Open chat