POSYANDU BALITA DAN LOMBA STIMULASI BALITA DI DUSUN JAMBEAN

POSYANDU BALITA DAN LOMBA STIMULASI BALITA DI DUSUN JAMBEAN

Prodi Kebidanan Alma Ata – Kegiatan rutin posyandu balita dusun Jambean berjalan meriah dengan adanya perlombaan dan penyuluhan mengenai tumbuh kembang balita. Posyandu yang rutin diadakan setiap bulan pada tanggal 19 merupakan salah satu upaya dalam pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita di dusun Jambean. Posyandu balita dilaksanakan di rumah Bapak Sarwedi, dimulai dari pukul 08.00-10.00 WIB.

Sebelum dilaksanakannya penimbangan berat badan serta tinggi badan balita, mahasiswa menyampaikan materi penyuluhan mengenai Diare dan ISPA, mulai dari pengertiannya, jenis, gejala, serta cara pencegahan dan penanggulangan jika terjadi Diare dan ISPA pada balita. Penyuluhan mengenai ISPA disampaikan oleh Amelia Hasna Rullita, Laeli Mahfuzoh mengenai Diare pada Balita, serta Hafifatun Nur Rahmah sebagai MC.

Kegiatan ini didampingi oleh dosen Kebidanan Universitas Alma Ata yakni ibu Isti Chana, S. ST., M. Keb. , Ibu Muafiqoh Dwiarini, S.ST, M. Sc, Ns-Mid, dan ibu Farida Aryani, S.ST, M. Keb. Kegiatan penyuluhan dilanjutkan dengan perlombaan lempar bola bagi balita usia 2-3 tahun  dan lomba menendang bola bagi balita usia 4-5 tahun sebagai stimulasi motorik kasar anak sesuai dengan usianya.

Selanjutnya yaitu, penyerahan hadiah kepada para balita yang berhasil memenangkan lomba stimulasi, serta penyerahan media lembar balik KB, Buku saku Ibu Nifas, Poster diare dan ISPA secara simbolik oleh mahasiswa dan dosen kepada kader dusun Jambean.

Kegiatan ini sangat meriah karena dihadiri lebih dari 35 peserta, kegiatan posyandu diakhiri dengan pembagian gizi tambahan PMT bagi balita.

Oleh : Amelia Hasna Rullita D3 Kebidanan & Nisrina Afifaturrohmah S1 Kebidanan

md5 decrypt - md5