UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENJAGA HIEGENE ORGAN REPRODUKS DI PESANTREN

UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENJAGA HIEGENE ORGAN REPRODUKS DI PESANTREN

UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENJAGA HIEGENE ORGAN REPRODUKS DI PESANTREN

Prodi DIII Kebidanan Alma Ata – Prodi DIII Kebidanan bersama HIMABI (Himpunan Mahasuiswa Kebidanan) Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata Yogyakarta di MA Assalafiyyah Mlangi kelas 3 MA (Madrasah Aliyah). Tujuan kegiatan ini memberikan edukasi dan pengetahuan kepada siswi untuk menjaga kebersihan organ reproduksi, baik sedang dalam keadaan haid maupun tidak.  Bentuk Kegiatan mulai dari pemeriksaan tekanan darah, LILA, dan berat badan  remaja. Selanjutnya dengan penyampaian materi mengenai kesehatan reproduksi.

Perwakilan HIMABI dari Prodi DIII Kebidanan oleh Vitara Cahya Ningratri sebagai Narasumber dengan Dosen Pendamping dari Koordinasi Kemahasiswaan Prodi DIII Kebidanan Ibu Dyah Pradnya Paramita, S.ST., M.Kes. Narasumber menyampaikan  tentang ”Masa transisi yang unik dan ditandai oleh berbagai perubahan fisik, emosi dan psikis. Masa remaja dibagi menjadi 3 yaitu : Remaja awal (10 – 12 tahun), Remaja tengah (13 – 15 tahun), Remaja akhir (16 – 19 tahun) dan cara menjaga organ reproduksi”. Adapun cara merawat organ Reproduksi yaitu : Pakaian dalam dan celana dalam diganti minimal 2x sehari atau jika basah atau lembab, menggunakan celana dalam berbahan menyerap keringat atau berbahan katun, memakai handuk kering dan bersih, dan setelah BAK bersihkan dari arah depan ke belakang agar kuman dari anus tidak masuk ke organ reproduksi.

Kegiatan berjalan lancar dan peserta antusias dari peserta sangat baik dalam memperhatikan materi yang disampaikan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Selain itu untuk memeriahkan acara penyuluhan kesehatan reproduksi tersebut juga ada pembagian snack dan pembagian doorprize bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik dan benar.

Oleh : Fatimah, S.ST., M.Kes