Sekilas Tentang Prodi

Visi Program Studi Sarjana Gizi

Universitas Alma Ata

Pada tahun 2035 menjadi program studi yang unggul di bidang gizi ibu dan anak serta penyakit tidak menular, mandiri, berdaya saing global, dan berkontribusi terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa dan pearadaban dunia yang berlandaskan nilai-nilai Keislaman dan Kebangsaan Indonesia


Data-data survey kesehatan nasional menunjukkan bahwa angka kejadian masalah gizi lebih atau kegemukan cukup tinggi dalam berbagai kelompok usia. Pada saat yang bersamaan, masalah gizi kurang juga belum dapat diselesaikan sepenuhnya. Berdasarkan banyak penelitian diketahui bahwa permasalahan gizi kurang dan kegemukan dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit-penyakit tidak menular seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker. Adanya penyakit tersebut pada tubuh seseorang dapat mempengaruhi produktivitasnya dan juga memberikan beratnya beban biaya pengobatan yang harus dijalankan. Masa sejak dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun diketahui sebagai periode emas dalam upaya perbaikan masalah kesehatan jangka panjang.

Memperhatikan hal tersebut, Program Studi Gizi Universitas Alma Ata hadir untuk turut berperan aktif dalam upaya pembangunan kesehatan masyarakat serta kualitas sumber daya manusia Indonesia. Didukung kurikulum ter-update yang diperkaya dengan muatan nilai-nilai keislaman, tenaga pengajar yang kompeten, serta kelengkapan sarana prasarana pembelajaran yang sangat memadai, Program Studi Sarjana Gizi UAA mampu menghasilkan tenaga gizi yang profesional serta ber-akhlakul karimah. Selain melalui kegiatan pendidikan, Program Studi Sarjana Gizi UAA juga turut berperan dalam permasalahan gizi dan kesehatan melalui banyak kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Keunggulan program pendidikan Sarjana Gizi di Universitas Alma Ata telah terbukti dengan banyaknya lulusan yang langsung terserap oleh berbagai instansi, sebagai pegawai negeri sipil (ahli gizi Puskesmas dan Rumah Sakit) maupun di perusahaan swasta seperti perusahaan multinasional di bidang pangan. Ada pula lulusan yang mampu berwirausaha membuka lapangan pekerjaan. Sedangkan beberapa lulusan yang lain melanjutkan pendidikan magister pada berbagai perguruan tinggi ternama di dalam maupun di luar negeri.