Kemitraan & Kerjasama

STIKES Alma Ata pada umumnya, dan Program Studi Ilmu Gizi Alma Ata pada khususnya telah merintis dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam menunjang kualitas pendidikan serta output tenaga gizi yang dihasilkan. Beberapa lembaga dan instansi yang menjalin kerjasama dengan Alma Ata yaitu:

  1. Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, USA

    Bentuk kerjasama Prodi Gizi Alma Ata dengan Johns Hopkins University adalah dalam pengembangan kurikulum pendidikan Gizi Alma Ata. Selain itu, pengembangan sistem surveilan yang dilakukan di Kabupaten Sedayu juga mendapat dukungan dan kerja sama dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Amerika Serikat. Kegiatan Perbandingan Kurikulum Program Studi Gizi dan Guest Lecture juga telah dilaksanakan bersama dengan Katherine Tomaino, RD, MPH yang juga merupakan konsultan dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, AmerikaSerikat.

    Kerjasama Alma Ata dengan Johns Hopkins University, USA

    3. Asosiasi Institusi Pendidikan Gizi Indonesia

    Pengembangan kurikulum pendidikan Gizi di Alma Ata mendapat pendampingan langsung dari Prof. dr. Hamam Hadi, MS., Sc.D (Ketua STIKES Alma Ata) yang pada waktu awal berdirinya PSIG menjabat sebagai ketua umum Asosiasi Pendidikan Gizi Indonesia (AIPGI).

    4. Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi)

    Mahasiswa Gizi Alma Ata beserta mahasiswa dari berbagai Institusi lainnya di DIY sebagai anggota tim tari dan paduan suara berfoto bersama Menteri Kesehatan, Prof.dr.Nila Djuwita F.Moeloek, Sp.M dalam acara Kongres Persagi ke XV di Yogyakarta

    Program Studi Ilmu Gizi Alma Ata secara aktif ikut serta dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia, salah satu contohnya adalah dalam Kongres Persagi XV yang diselenggarakan pada bulan Nopember 2014 di Yogyakarta.

    5. Dinas Kesehatan Bantul

    Perguruan Tinggi Alma Ata Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul akan menyelenggarakan Sistem Surveilan Gizi-Kesehatan Ibu dan Anak. Sistem ini merupakan landasan untuk mendukung Gerakan Perbaikan Seribu Hari Pertama Kehidupan di wilayah Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Dalam melaksanakan sistem surveilan ini mahasiswa dari beberapa program studi seperti Ilmu Gizi, Ilmu Keperawatan dan Kebidanan akan diterjunkan ke lapangan sesuai dengan kompetensinya.

    Kerjasama Alma Ata – Dinkes Bantul dalam kegiatan surveilan Kesehatan Ibu dan Anak

    6. Puskesmas di Wilayah Kabupaten Bantul

    Puskesmas Sedayu I dan Sedayu II sebagai lokasi pembelajaran mahasiswa

    Kegiatan praktik serta penelitian dosen dan mahasiswa diarahkan untuk dilakukan wilayah kerja Puskesmas di Bantul sebagai wujud pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.

    7. PT. Sari Husada dan PSIM (Persatuan Sepakbola Indonesia Mataram)

    Untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa mengenai praktik di lapangan, maka dalam kuliah pakar didatangkan pengajar dari PT. Sari Husada yang merupakan perusahaan besar dan terkemuka di Indonesia dan atlet sepak bola PSIM sebagai narasumber.

254 total views, 1 views today