Penyuluhan Kesehatan Remaja di Dusun Jambean, Pajangan, Bantul

Penyuluhan Kesehatan Remaja di Dusun Jambean, Pajangan, Bantul

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Remaja di Dusun Jambean

Prodi Kebidanan Alma Ata – Sabtu, 16 Juli 2022 pukul 19.30 WIB – selesai, mahasiswa praktik kebidanan komunitas dan dosen pembimbing institusi Universitas Alma Ata (ibu Fatimah, S.SiT., M. Kes dan ibu Muafiqoh Dwiarini, S.ST. M. Sc) mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan remaja di dusun Jambean. Kegiatan diikuti oleh remaja karang taruna dan remaja putri usia 10-20 tahun sebanyak 40 peserta.

Penyuluhan diadakan sebagai intervensi terhadap hasil survey mawas diri di Dusun Jambean yang diperoleh data bahwa 50% remaja belum pernah mendapatkan tablet Fe dan 50% remaja belum mengerti dan belum pernah mendapatkan penyuluhan mengenai kesehatan reproduksi. Kegiatan penyuluhan diadakan di pendopo Bapak Ndaru. Materi penyuluhan disampai oleh Nisrina Afifaturrohmah mengenai anemia dan tablet Fe, Putri Nur Hasanah mengenai keputihan dan kespro, Ervita Nur Fitria T mengenai bahaya merokok serta Erni Fitriani sebagai moderator dan Nur Fitriani sebagai pembawa acara.

Selain itu, diadakan open recruitment dan pengenalan mengenai rencana pembentukan posyandu remaja di dusun Jambean. Kegiatan berjalan dengan lancar dengan antusiasme remaja memperhatikan pemaparan materi dan aktif di sesi diskusi dan tanya jawab. Kegiatan ditutup dengan sesi dokumentasi bersama dan pembagian hadiah sebagai bentuk apresiasi bagi peserta yang bertanya.

Penulis : Amelia Hasna Rullita D3 Kebidanan & Nisrina Afifaturrohmah S1 Kebidanan

md5 decrypt - md5