PENINGKATAN GIZI ANAK MELALUI LOMBA PEMBUATAN MP-ASI PADA KADER

PENINGKATAN GIZI ANAK MELALUI LOMBA PEMBUATAN MP-ASI PADA KADER

     Program studi D III Kebidanan Universitas Alma Ata menyelenggarakan lomba kader dalam pembuatan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) di Desa Argodadi kecamatan Sedayu II, Bantul, Yogyakarta. Peserta lomba oleh para kader yang terdiri dari 6 dusun antara lain dusun Sumberan, Selogedong, Bakal Dukuh, Sungapan, Cawan, Sungapan Dukuh dengan masing-masing dusun terdiri dari 3 orang. Sedangkan juri ada 2 dosen dari prodi bidan Universitas Alma Ata dan 1 orang Tenaga Gizi Puskesmas Sedayu II.  Panitia lomba dari D III Kebidanan Alma Ata memberikan tema lomba MP-ASI dengan bahan dasar ubi unggu.

     Sebelum pelaksanaan lomba panitia memberikan sambutan dan petunjuk cara pelaksanaan lomba tersebut dan membantu list bahan dan peralatan. Pelaksanaan lomba tersebut sangat meriah dengan adanya masyarakat yang menyaksikan dan mahasiswa yang bersorak mendukung memeriahkan kegiatan tersebut.

     Hasil kreatif peserta lomba antara lain bubur ubi kaldu, sate ubi manis, jelly ubi lucu, donat unyil ubi, bubur sumsum ubi dan kue utlah ubi yang harus diselesaikan dalam waktu 1-2 jam. Seluruh juri menilai sesuai format penilaian yang meliputi penampilan, rasa, penggunaan bahan campuran/nilai gizi dan manfaat sesuai usia anak oleh ketiga juri.

     Hasil pemenang lomba ada pemenang I, II dan III yang langsung diumumkan pada saat itu oleh para juri yang sekaligus diberikan keterangan sebab kemenangan lomba tersebut. Juri juga menambahkan materi kepada peserta tentang MP-ASI itu sendiri mulai dari pengertian, tujuan, tahap-tahap pemberian dan nilai gizi yang harus terkandung didalamnya.

   Manfaat lomba ini dapat mengispirasi kader dalam pembuatan MP-ASI di posyandu-posyandu dan disebarkan ke ibu-ibu yang menpunyai anak usia 6-12 bulan. Masyarakat sangat optimis dan diharapkan dapat terus dikembangkan dan diteruskan.

262 total views, 1 views today