PELATIHAN STIMULASI TUMBUH KEMBANG PADA IBU DI KECAMATAN SEDAYU

PELATIHAN STIMULASI TUMBUH KEMBANG PADA IBU DI KECAMATAN SEDAYU

Tim Pegabdian Masyarakat Prodi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Stimulasi Tumbuh Kembang Pada Ibu Di Kecamatan Sedayu. Berdasarkan fenomena dan permasalahan masalah stimulasi tumbang anak. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan oleh tim pegabmas PSIB (Eka Nurhayati, S.ST., M.KM dan Febrina Suci Hati, S.ST., M.Keb) serta melibatkan 5 mahasiswa DIII Kebidanan,  kami dari Program Studi DIII Kebidanan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat mulai dari mengundang ibu-ibu yang memiliki batita dan balita usia 14-60 bulan, kader-kader serta bidan desa. Kegiatan ini dilakasanakan pada 18 September 2019 di Ruang Tunggu Anak, Sedayu.

Tujuan dari pelatihan ini adalah Terselenggaranya Pelatihan Stimulasi Tumbuh Kembang Pada Ibu Di Kecamatan Sedayu dan Meningkatkan kesadaran para ibu untuk dapat mendeteksi dini atas gangguan tumbuh kembang pada anak.

Manfaat dari pelatihan ini adalah Terbentuknya masyarakat terutama para ibu yang mandiri dalam melakukan dan deteksi dini gangguan tumbuh kembang pada anak dan Menjadi dasar bagi ibu untuk mampu melakukan stimulasi tumbuh kembang pada anak.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dihadiri oleh kader dan ibu dengan anaknya usia 1-3 tahun sejumlah 30 sampai 40 orang peserta. Pada umumnya masyarakat antusias dan banyak pertanyaan yang menyangkut tentang bagaimana cara menghindari anak dari keterlambatan; bagaimana cara menstimulasi yang sesuai dan tepat pada anak.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang meriah dari masyarakat, oleh dosen dan mahasiswa DIII Kebidanan Alma Ata Yogyakarta, yang berjumlah sekitar 5 mahaiswa. Bekerjasama dengan bidan desa dan kader dalam Pelatihan stimulasi tumbuh kembang pada Ibu di Kecamatan Sedayu. Melakukan pendekatan kepada kader-kader dan ibu untuk ikut dalam proses pelatihan.

md5 decrypt - md5