PELATIHAN PIJAT BAYI PADA IBU DI POSYANDU ANGGREK PUNGGELAN BANJARNEGARA  

PELATIHAN PIJAT BAYI PADA IBU DI POSYANDU ANGGREK PUNGGELAN BANJARNEGARA  

Tim Pengabdian Masyarakat Prodi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata menyelenggarakan pelatihan pijat bayi pada ibu di Posyandu Anggrek Punggelan, Banjarnegara pada bulan Juli 2019. Kegiatan ini dilakukan selama 40 menit dan dihadiri oleh kader dan ibu yang memiliki bayi sekitar 20 sampai 30 orang peserta. Pada umumnya masyarakat antusias dan banyak pertanyaan meliputi manfaat kegiatan. Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang meriah dari masyarakat, oleh dosen (Lia Dian Ayuningrum, S.ST., M.Tr.Keb dan Fatimah, S.SiT., M.Kes) dan juga mahasiswa DIII Kebidanan Universitas Alma Ata Yogyakarta, yang berjumlah sekitar 5 mahasiswa.

Tujuan dari kegiatan ini selain sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, juga untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang pentingnya pijat bayi, melatih keterampilan dasar pijat bayi pada ibu dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk dapat mestimulasi bayi dengan pijat bayi, sehingga ibu dapat melakukan sendiri pijat bayi secara aman dan dapat melakukan pijat bayi dengan baik dan benar. Bayi baru lahir sangat membutuhkan kehangatan dan sentuhan dari orang terdekatnya, terutama sentuhan tangan sang ibu. Pijat bayi merupakan salah satu cara bagi seorang ibu untuk mengekspresikan rasa cinta nya pada sang buah hati.

Beberapa kegiatan yang dilakukan selama pelatihan antara lain berupa ceramah, demonstrasi dan tanya jawab kepada para peserta. Demontrasi lebih intensif dilakukan bagaimana cara teknik pijat bayi yang baik dan benar. Selain pemberian materi, pelatihan juga melibatkan para peserta untuk langsung mempraktikan teknik pijat bayi yang baik dan benar. Harapnya setelah dilakukan pelatihan ini para kader mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat dan meneruskannya kepada masyarakat.