OPTIMALISASI GERMAS UNTUK PENINGKATAN KESEHATAN IBU DAN ANAK DI DUSUN GUPAKWARAK, SENDANGSARI, PAJANGAN, BANTUL

OPTIMALISASI GERMAS UNTUK PENINGKATAN KESEHATAN IBU DAN ANAK DI DUSUN GUPAKWARAK, SENDANGSARI, PAJANGAN, BANTUL

Tim Pengabdian Masyarakat Prodi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata menyelenggarakan kegiatan Optimalisasi Germas Untuk Peningkatan Kesehatan Ibu Dan Anak Di Dusun Gupakwarak, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Berdasarkan fenomena dan permasalahan masalah kesehatan ibu dan anak dalam mensukseskan program pemerintah GERMAS, Prodi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata tergerak dan termotivasi untuk melakukan pengabdian masyarakat tentang pemeriksaan dan pengobatan keluhan kesehatan serta konsultasi kesehatan.

Kegiatan ini dilakukan oleh tim pegabmas PSIB Susiana Sariyati, S.ST., M.Kes dan 2 dosen kebidanan sesuai dengan keahliannya serta melibatkan 5 mahasiswa DIII Kebidanan semester II dan IV,  kami dari Program Studi DIII Kebidanan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat kegiatan yang dikerjakan dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok ibu hamill balita, lansia dan umum. Kegiatan ini dilakasanakan pada 29 November 2018 di Dusun Gupakwarak, Sendangsari, Pajangan, Bantul.

Tujuan dari penyuluhan ini adalah mendukung program pemerintah GERMAS melalui keqiatan pemenksaan kesehatan, pengobatan serta penyuluhan gizi pada Ibu Hamil, Balita dan Lansia dalam rangka meningkatkan mutu kesehatan masyarakat dan Terciptanya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan yang dimulai dari diri sendiri sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan di Dusun Gupakwarak, Pajangan, Bantul

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di dusun Gupakwarak, Sendangsari, Bantul. Masyarakat sangat antusias mengikuti kegatan ini. Alur pemeriksaan terdiri dari pasien melakukan pendaftaran ke bagia registrasi, kemudian dilakukan anamnesa dan pengukuran tensi, selanjutnya dilakukan pengecekan darah yang terdiri dari asam urat, GDS, dan cek HB.