KERANGKA KEBIJAKAN KESEHATAN KONTEKS, PROSES DAN PELAKU

KERANGKA KEBIJAKAN KESEHATAN KONTEKS, PROSES DAN PELAKU

Kebijakan adalah aturan tertulis yang merupakan keputusan formal organisasi, yang bersifat mengikat, yang mengatur perilaku dengan tujuan untuk menciptakan tata nilai baru dalam masyarakat. Kebijakan akan menjadi rujukan utama para anggota organisasi atau anggota masyarakat dalam berperilaku. Kebijakan pada umumnya bersifat problem solving dan proaktif. Berbeda dengan Hukum (Law) dan Peraturan (Regulation).

Kebijakan kesehatan merupakan suatu aturan yang mengatur tentang kesehatan dengan tujuan dan sasaran yaitu untuk menangani persoalan-persoalan kesehatan demi meningkatkan status kesehatan masyarakat atau mengangkat derajat kesehatan secara optimal.  Dalam pembuatan kebijakan tidak lepas dari berberapa hal penting yaitu konteks, isi dari kebijakan, pelaku pembuat kebijakan, dan proses sesuai dengan segitiga kebijakan kesehatan. Segitiga ini merupakan penjelasan paling sederhana dari pembuatan suatu kebijakan kesehatan. Pada alur proses membuat kebijakan terdapat 4 hal yaitu :

  1. Indentifikasi masalah dan isu : Menemukan bagaimana isu yang ada dapat masuk ke dalam kebijakan dan menjadi latar masalah atau indentifkasi.
  2. Perumusan kebijakan : Menemukan siapa saja yang terlibat dalam pembuatan kebijakan, bagaimana kebijakan di hasilkan, disetujui, dan dikomunikasikan. Dalam perumusan kebijakan ini tidak lepas dari peran pemerintahan.
  3. Pelaksanaan kebijakan : Tahap ini adalah tahap yang paling diacuhkan, sering ketika membuat sebuah kebijakan hanya memperhatikan tahap ke pertama dan kedua, namun tahap ini adalah tahapan paling penting sebab apabila kebijakan yang sudah di rumuskan tidak dilaksanakan maka akan ada yang salah.
  4. Evaluasi kebijakan : Setelah selesai pelaksaan kebijakan perlu adanya monitoring di lapangan dengan tim khusus untuk melihat atau mengawasi seberapa baik pelaksanaan di lapangan. Tahapan ini merupakan final dari seluruh tahapan membuat kebijakan.

Oleh: Sumarni, SKM., MARS

Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.
Powered by