Farmasi UAA Ikut Andil Dalam Menyukseskan Gema Cermat

Farmasi UAA Ikut Andil Dalam Menyukseskan Gema Cermat

Gema Cermat merupakan singkatan dari gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat, yang merupakan  upaya bersama antar pemerintah dengan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan ketrampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara benar. Di canangkannya gerakan ini dilandaskan pada fakta-fakta terkait penggunaan obat di masyarakat yang masih belum sesuai aturan serta masih banyaknya masyarakat yang mengkonsumsi obat antibiotik secara tidak tepat. Ketidakbenaran dalam menggunakan obat inilah yang nantinya akan memberikan dampak yang tidak baik terhadap kesehatan selanjutnya.

Sebagai wujud kepedulian tersebut, Prodi Sarjana Farmasi ikut menyemarakan Gema Cermat melalui acara dengan tema “”Membentuk Kader Kader Muda yang Tanggap dan Peduli dalam Mensukseskan Gema Cermat dari Alma Ata untuk Kesejahteraan Bangsa” Dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa yang nantinya menjadi calon calon sumber informasi terkait obat dengan harapan mahasiswa nantinya bisa berkontribusi dalam meminimalkan terjadinya kejadian kejadian yang tidak diinginkan dalam penggunaan obat serta meningkatkan kesadaran bagi mahasiswa farmasi tentang pentingnya peran farmasi dalam  mensukseskan gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat.

Gema Cermat yang dilakukan oleh Prodi Farmasi UAA dikemas dengan  menyenangkan dimana peserta diberikan  pemahaman terkait gema cermat terlebih dahulu oleh dua nara sumber yang telah sebelumnya dilantik menjadi Agent of Change oleh kemenkes di tingkat Kabupaten.  Dilanjutkan dengan  pemberian materi sebagai bahan dalam  memberikan informasi terkait obat ke masyarakat dan dilanjutkan permainan  pengelompokkan obat-obatan dengan metode “5 O”.

“5 O “ dalam kegiatan gema cermat adalah upaya mengenalkan masyarakat untuk aware terhadap penggunaan obat sehingga terhindar dari kemungkinan buruk dalam pemakaian obat seperti meminimalkan terjadinya efek samping dan advers drug reaction atau kejadian obat yang tidak dikehendaki. Dalam menggunakan obat masyarakat harus tau dulu “5 O”, o yang pertama obat itu apa namanya, O yang ke dua obat itu apa kegunaannya, O yang ketiga obat itu berapa dosisnya, O yang keempat obat itu bagaimana cara pakainya dan O yang kelima atau yang terakhir obat itu apa efek sampingnya. Dengan mengenalkan 5 O harapannya mahasiswa bisa menjadi agent perubahan di masyarakat agar masyarakat terbiasa melakukan telaah 5 O sebelum menggunakan obat sehingga dapat mendukung visi dari gema cermat yang dicanangkan oleh masyarakat ha ini sesuai dengan visi dari farmasi Universitas Alma Ata juga yaitu dapat berkontribusi terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa.

“Bangga menjadi bagian dari Prodi Sarjana Farmasi Alma Ata”

Written by. Ratna Wijayatri, M.Sc.,Apt

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

 wholesale jerseys cheap