PRODI ADMINISTRASI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ALMA ATA MENGIKUTI DEKLARASI ASOSIASI PRODI DAN PROFESI SERTA RAKERNAS KE-1 PPT-ARSI DAN PP-ARSI

PRODI ADMINISTRASI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ALMA ATA MENGIKUTI DEKLARASI ASOSIASI PRODI DAN PROFESI SERTA RAKERNAS KE-1 PPT-ARSI DAN PP-ARSI

Bandung, 8 Mei 2018 bertempat di Hotel Preanger Jl. Asia Afrika No. 81 Bandung Jawa Barat . menjadi saksi terlahirnya Asosiasi Perkumpulan Perguruan Tinggi-Administrasi Rumah Sakit (PPT-ARSI) Dan Perkumpulan Profesi Administrator Rumah Sakit (PP-ARSI). Terbentuknya asosiasi ini diharapkan menjadi wadah yang terbaik bagi lulusan Administrasi Rumah Sakit dan para lulusan dari prodi ARS untuk berbagi serta mengaplikasikan berbagai ilmu perumahsakitan dan turut membantu memajukan dunia perumah sakitan. Selain adanya deklarasi asosiasi, kegiatan ini juga diisi dengan seminar nasional dengan tema “Peran Perguruan tinggi dan asosiasi profesi Administrasi Rumah Sakit dalam memenuhi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1(SNARS Ed. 1) dan pengakuan sebagai tenaga kesehatan di Indonesia”.

Pendirian Asosiasi PPT-ARSI dan PP-ARSI memiliki legalitas yaitu Akta Nomor 10 Tanggal 23 April Tahun 2018 oleh Notaris Ida Adiningsih, SH tentang Akta Pendirian Perkumpulan Perguruan Tinggi Administrasi Rumah Sakit Indonesia. Dengan ketua umum Dr. H. K. Prihartono AH., Drs., S.Sos., S.Kom., MM. Asosiasi PPT-ARSI dan PP-ARSI merupakan perkumpulan prodi administrasi rumah sakit yang tersebar di Indonesia dan Organisasi Profesi Administrator Rumah Sakit dari berbagai sudut keilmuan dan klinisi yang membidangi di rumah sakit. Selain deklarasi asosiasi, pada tanggal 9 Mei 2018 sekaligus membentuk struktur organisasi pengurus pusat PPT-ARSI dan PP-ARSI dan menyusun program kerja yang akan berlaku selama 5 tahun mendatang.

Prodi Administrasi Rumah Sakit Universitas Alma Ata Yogyakarta mengirim 2 dosen yang mengikuti RAKERNAS tersebut, yaitu Imram Radne Rimba Putri, MMR dan Anggi Napida Anggraini, MMR. Pada kesempatan tersebut Universitas Alma Ata menduduki beberapa kepengurusan asosiasi PPT-ARSI maupun PP-ARSI pusat yang akan menjadi lading pembelajaran yang sangat baik untuk dosen dan Prodi ARS UAA sendiri. Antara lain :

  1. Imram Radne Rimba Putri, MMR sebagai Ketua LitBang, Penelitian dan Jurnal Asosiasi PPT-ARSI,
  2. Anggi Napida Anggraini, MMR sebagai Ketua Departemen Penjaminan Mutu PPT-ARSI dan sebagai Anggota Bidang Akademik, Kompetensi dan Sertifikasi Kompetensi PP-ARSI,
  3. Choirul Anwar, M.Kes Sebagai Anggota Departemen Penjaminan Mutu PPT-ARSI,
  4. Fatma Siti Fatimah, MMR sebagai Anggota LitBang, Penelitian dan Jurnal Asosiasi PPT-ARSI,
  5. Sumarni, MARS sebagai Anggota Bidang Akademik PPT-ARSI,
  6. Wahyu Rizky, MMR sebagai Anggota Bidang Humas dan kerja sama PP-ARSI,

Dengan terlibatnya dosen ARS UAA di Asosiasi Perguruan Tinggi maupun Asosiasi profesi diharapkan dapat menjadi sarana yang tepat bagi kemajuan Prodi ARS Universitas Alma Ata Yogyakarta serta berkontribusi dalam mencapai Visi Misi Asosiasi.

Prodi Administrasi Rumah Sakit Universitas Alma Ata Yogyakarta, merupakan prodi ARS satu-satunya di Yogyakarta yang menyelenggarakan pendidikan S1 Administrasi Rumah Sakit yang memiliki program peminatan Quality Assurance dan Human Resource Management, dimana kedua peminatan ini akan melahirkan ahli administrator rumah sakit yang mumpuni di bidang perumah sakitan. Mengingat kebutuhan tenaga administrator rumah sakit yang sangat dibutuhkan di dunia perumah sakitan, harapannya Prodi ARS Universitas Alma Ata dapat menjadi wadah yang dapat melahirkan calon-calon ahli administrator rumah sakit serta middle manager yang akan membantu dalam proses pengelolaan perumah sakitan dengan bekal ilmu yang mumpuni.

Anggota Perkumpulan Administrator Rumah Sakit (PP-ARSI)

 

Anggota  Perkumpulan Perguruan Tinggi-Administrasi Rumah Sakit (PPT-ARSI)

 

 

Article by : Anggi Napida Anggraini, MMR

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*